PRODUK UNGGULAN DESA (PRUDES) SALAK PONDOH UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

“Selain tanaman perkebunan (Kelapa Sawit), warga Desa Karya Harapan Mukti mengembangkan komoditi Salak Pondoh sejak tahun 1997 untuk menambah pendapatan keluarga.

Sebanyak 38 KK membudidayakan salak pondoh dengan memanfaatkan lahan pekarangan (0,25 Ha) sisa dari perumahan, halaman, dan kandang (+/- 0,28 Ha). Dengan memelihara ternak, warga tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Salak pondoh yang mereka budidayakan dipanen setiap 1 kali dalam sepekan dengan produksi rata-rata 30 kg / pekan. Saat ini harga salak pondoh di tingkat petani per kg seharga Rp. 10.000,-. 
Sadar bahwa salak pondoh menjadi salah satu ikon Desa Karya Harapan Mukti dan dapat menambah pendapatan keluarga, saat ini (2018) pemeritah Desa melalui Dana Desa memberikan bantuan berupa pupuk untuk meningkatkan produktivitas salak pondohnya. ”

Related articles

Pemkab Bungo akan Dukung Penuh Jika Kopi jadi Produk Unggulan

Bupati Bungo, Mashuri mengatakan Pemerintah Kabupaten Bungo akan mendukung penuh jika kopi jadi komoditas unggulan Bungo, Rabu (21/11). Dia mengayaka. potensi kopi yang ada di Bungo luar biasa untuk dikembangkan. Bersama dengan masyrakat, Kabupaten Bungo bisa memperkenalkan produk-produk ke luar. “Tidak ada yang tidak bisa bersaing. Yang penting kita punya mutu, kualitas dan rasa. Dan […]

Tanjab Timur Diprediksi Bakal Dilanda Kemarau Panjang, UPTD SPAM Antisipasi Kekeringan

Unit Pelaksana Teknis Daerah Sistem Pengolahan Air Minum (UPTD SPAM) Kabupaten Tanjung Jabung Timur lakukan berbagai langkah menyikapi musim kemarau dan antisipasi terjadinya kekeringan. UPTD SPAM mulai mengintensifkan pemeriksaan dan pemeliharaan pipa guna mengantisipasi kebocoran akibat faktor cuaca, serta menjaga pasokan air agar dapat mengalir dengan lancar tanpa hambatan. Kepala UPTD SPAM Tanjab Timur, Ahmad […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *