Pemkab Bungo akan Dukung Penuh Jika Kopi jadi Produk Unggulan

Bupati Bungo, Mashuri mengatakan Pemerintah Kabupaten Bungo akan mendukung penuh jika kopi jadi komoditas unggulan Bungo, Rabu (21/11).
Dia mengayaka. potensi kopi yang ada di Bungo luar biasa untuk dikembangkan. Bersama dengan masyrakat, Kabupaten Bungo bisa memperkenalkan produk-produk ke luar.

“Tidak ada yang tidak bisa bersaing. Yang penting kita punya mutu, kualitas dan rasa. Dan itu bisa kita mulai lakukan dari sekarang,” sebut Bupati.

Mashuri mengatakan para petani, bisa memulai dengan melakukan pencarian bibit untuk kemudian diseleksi dan dipilih mana kualitas yang terbaik. Kemudian petani bisa mulai melakukan cara pembudidayaan yang baik dan benar. Selanjutnya, cara penanganan pascapanen.

“Hal seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Ini yang perlu diperhatikan,” imbuhnya.

Dia mengatakan Pemkab memang belum ada target pengembangan kopi. “Belum ada target pengembangan yang signifikan tetapi jika nantinya masyarakat kita menjadikan kopi sebagai suatu mata pencaharian yg menghasilkan, maka kita dukung sepenuhnya,” katanya.
Mashuri membuka kegiatan Bungo Fair 2018 yang diadakan di lapangan Puspa Ragam Kabupaten Bungo. Kegiatan Bungo Fair mengangkat tentang kopi Bungo. Melalui kegiatan tersebut, Bupati Bungo ingin menggalakkan pengembangan UMKM Kabupaten Bungo.
Mashuri mengungkapkan, UMKM yang ada di Kabupaten Bungo terus berkembang. “Saat ini kita terus menggalakkan pengembangan UMKM, bidang pertanian, peternakan, perikanan, industri makanan dan lainnya,” ungkap Bupati.
Lanjut Bupati, UMKM akan terus digalakkan sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bungo dan juga sebagai sumber kehidupan masyarakat.
Banyak produk UMKM Kabupaten Bungo yang bisa diangkat. Salah satunya adalah kopi. Kabupaten Bungo memiliki tanaman kopi yang dikelola oleh masyarakat di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kecamatan Bathin III Ulu dan wilayah Pelepat.

Related articles

KPU Bungo Beberkan Alasan Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

KPU Bungo menggelar rapat koordinasi persiapan pleno terbuka yang digelar di Semagi Hotel Muara Bungo, Kamis (4/7/2019). Rapat ini digelar setelah, rapat pleno penetapan caleg DPRD Bungo tepilih batal digelar Rabu (3/7) kemarin. Ketua KPU Bungo, Muhammad Bisri menjelaskan penundaan penetapan caleg terpilih ini lantaran pihaknya belum menerima surat dari KPU RI terkait Buku Registrasi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *