Hari Pertama PPDB, Banyak Orangtua di Bungo Tak Paham Sistem Zonasi

Kendati telah disosialisasikan jauh hari, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi di Kabupaten Bungo masih mengalami kendala.

Kepala Dinas Pendidikan Bungo, Masril saat dijumpai Tribunjambi.com mengatakan, kendala yang terjadi di masyarakat masih karena kurang pahamnya masyarakat dengan sistem zonasi.

Lebih lanjut, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Bungo, Nasrun menambahkan, problematika itu terjadi lantaran masyarakat belum tahu pasti mengenai zona sekolah yang diperuntukkan pada siswa.

“Pertama kali tentu, kadang mereka belum mengerti zona sekolah yang dituju. Sehingga, setelah diberi penjelasan oleh panitia peneriman peserta didik baru di sekolah, baru mereka mulai mengerti bahwa sekolah yang mereka tuju itu berdasar jarak tempuh yang ada di dekat rumah sendiri,” kata Nasrun, Senin (1/7/2019).

“Di sini, kami mengacu pada sistem zona tempat tinggal, KK, dan jarak tempuh dari sekolah,” sambungnya. Jarak tempuh tersebut, kata Nasrun, sudah terdaftar dan diukur melalui udara.

Dikatakannya, jika peserta mendaftar di sekolah yang tidak termasuk zonanya, maka secara otomatis pendaftaran itu tertolak.

“Karena sudah ada aplikasi yang ditanam sistem di situ, sehingga akan muncul garis merah. Di dalam aplikasi itu, sudah terdaftar juga zonasinya,” ujarnya.

Di Kabupaten Bungo, ada 10 SLTA, 10 SLTP, dan 10 SD yang membuka pendaftaran melalui jalur online. Selebihnya, pendaftaran masih dilakukan dengan sistem manual.

Saat ditanya mengenai data tampung sekolah, Nasrun bilang, bervariasi. “Mengenai daya tampung, itu bervariasi, tergantung dengan sekolahnya. Seperti SMP 1, itu ada 10 rombel (rombongan belajar, red) untuk daya tampung. Kemudian, ada juga SMP 7, SMP 9, SMP 4, itu ada tiga rombel. Satu rombel paling banyak diisi oleh 32 siswa,” pungkasnya.

Related articles

Gaji ke-13 Cair, Ratusan Pensiunan ASN di Bungo Datangi Kantor Pos

Ratusan ASN, pensiunan, TNI, dan Polri di Kabupaten Bungo mencairkan gaji ke-13 di Kantor Pos Cabang Muara Bungo, Selasa (2/7/2019). Pantauan Tribunjambi.com, pencairan itu berlangsung sejak pagi hingga pukul 15.30 WIB. Petugas pelayanan juru bayar, Tanto Herdianto mengatakan, pencairan kali ini lebih ramai dari biasanya. “Kalau biasanya 200 orang yang datang, ini bisa 300 orang, […]

Kepala Disdukcapil Bungo Pensiun, Ini Sosok Penggantinya

Posisi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bungo berganti. Posisi Kepala Disdukcapil yang sebelumnya ditempati Ibnu Hajar, kini diisi Darlis yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Disdukcapil. Peran pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil itu mulai dilaksanakan Darlis terhitung sejak Senin (1/7/2019) kemarin. “Iya, terhitung tanggal 1 Juli 2019 kemarin, saya diamanahkan untuk melanjutkan tugas […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *